Rabu, 10 September 2014

Sejarah Teknologi Komputer Sebelum dan Sesudah tahun 1940

SEJARAH  TEKNOLOGI KOMPUTER 



1.Sebutkan dan jelaskan perkembangan komputer sebelum 1940?
 

.Penggunaan alat bantu penghitung masih sangat sederhana dan manual

  - Abacus/sempoa adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan  sederetan poros dan manik-manik yang bisa di geser,muncul sekitar 5000 tahun yang lalu

  - Kalkulator pada numerik 1 ialah kotak persegi kurungan yang dinamakan passscaline menggunakan 8 roda bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8digit.

  - Kalkulator pada numerik 2 bekerja dengan menggunakan roda bergerigi dengan mempelajari catatan dan gambar yg di buat pascal.

  - Mesin buatan Charles Babbage ialah mesin bertenaga uap yang bisa membuat perogram dan mencetak hasilnya secara otomatis.

  - Mesin anilitik ialah mesin penemuan Howard H.Aiken yang berhasil menemukan kalkulator elektronik.




2.Sebutkan dan jelaskan perkembangan komputer sesudah 1940?



- Komputer generasi 1 diciptakan pada saat perang dunia ke II.Negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer.Ciri-ciri komputer generasi ini adalah masih menggunakan tabung vacum suhunya cepat panas dan ukurannya sudah sangat besar.

- Komputer generasi ke2 tahun 1948,3 fisikawan Amerika (Jhon,Water,dan William) ialah penemuan trasistor yang sangat berpengaruh pada masa itu dan dengan di ubahnya mesin yang sangat besar menjadi lebih kecil.

- Komputer generasi 3 ialah komputer yang menyimpan memorinya lebih besar dan diletakan di luar (eksternal).Mulai mengunakan IC idip.

- Komputer generasi 4 generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu transistor dan komputer generasi 4 ini tersebut komputer micro.

- Komputer generasi 5 ialah komputer yang sudah canggih komputer ini sudah lebih kecil dari sebelumnya komputer generasi ini pun sudah mulai bisa di bawa kemana-mana.


sekian pembahasan tentang Sejarah Perkembangan Komputer,untuk mengetahui lebih lanjut lagi klik disini
                                                                                                                 


5 komentar: