Rabu, 08 Oktober 2014

Glosarium S.O

GLOSARIUM SISTEM OPERASI



Serial Number
istilah ini sering digunakan untuk perusahaan software dan hardware untuk mengidentifikasi produk yang sedang digunakan oleh konsumennya,
·         Driver
Perangkat lunak pengendalian perangkat. Driver mengeksekusi perintah yang berkomunikasi dengan pengendali (adapter) diperangkat & menunggu sampai operasi yang dilakukan perangkat sesuai
·         Boot
Dalam perangkat keras berarti proses pengaktifan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi, yang disebut pula dengan sistem bootstrap.
·         Format
Perintah untuk pengaturan penyusunan data pada disk, pada DOS merupakan perintah untuk membentuk sektor pada disket/harddisk sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data.
·         BIOS
Singkatan dari Basic Input Output System. Suatu program kecil yang terletak di chip motherboard, berguna untuk mengatur & mengontrol hardware komputer sebelum sistem operasi diLoad.
·         Customze
Penataan kebiasaan pengguna fasilitas (tombol,icon, tampilan, dsb) yang biasa disebut/diatur/disusun sesuai dengan keinginan pemakai.
·         Domain
Daerah, wewenang. Satuan organisasi dengan tanggung jawab administrasi untuk penamaan jaringan/host, nama unik untuk memastikan alamat dihalaman web di internet. Domain ini terdiri dari 2/lebih bagian yang dipisahkan oleh titik. Contohnya mail, yahoo.com & www.hotmail.com
·         Stand alone
Mandiri, berdiri sendiri, tidak terhubung dalam suatu jaringan komputer..
·         Cluster
Pengelompok, grup sektor pada hardisk, yang digunakan dalam proses penyimpanan informasi.
·         Permission
Adalah himpunan hak penggunaan yang dihubungkan dengan setiap file & direktori yang menentukan siapa yang dapat membacanya, menulis kepadanya/menjalankannya. Hanya pemuilik-pemilik dan file (atau super user) yang dapat mengubah hak pengguna ini.
·         Logging
Catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi dijalankan. Terkadang log juga digunakan untuk menganalisis suatu aplikasi.
·         Disk Space
Adanya ruang penyimpanan dimana anda bisa meletakkan semua file termasuk HTML* , Php* , asp* , mp3* , Avi* dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar